Budayawan Danarto : BUDAYA JAWA SEBELUM ISLAM

dsc_66951

Sebelum Islam datang, orang Jawa sudah memiliki gamelan yang sederajat dengan musik klasik Eropa, sudah memiliki bedoyo ketawang yang sederajat balet Bolsoi, maupun balet di Paris atau New York. Orang Jawa juga memiliki keris yang ditempa dari logam mulia emas, perak, perunggu dicampur dengan satu logam yang datangnya dari angkasa luar, meteor. Juga orang Jawa mengembangkan seni pertanian, fermentasi dari tape, kemudian menanam padi persis musimnya, juga melakukan pelayaran yang dibimbing oleh bintang-bintang.

Jadi ketika Islam datang dibawa oleh para sufi dan pedagang, orang Jawa siap. Sudah cukup matang untuk menerima monoteisme. Hanya saja bahwa kebudayaan orang Jawa terlalu besar untuk tidak digabungkan, sehingga para wali pada waktu itu mengerti benar misalkan, sapi begitu diluhurkan di Jawa. Ya sudah sate kebo saja. Kemudian ada wayang kulit. Ini bisa untuk dakwah. Jadi seperti Sunan Kalijaga mengarang lakon wayang yang baru yang disebut Dewa Ruci.

Begitu besar kebudayaan orang Jawa dan begitu hebatnya menerima Islam, sehingga Indonesia menjadi umat Islam terbesar di dunia. Hanya saja kekuatan Islam belum kita himpun, sehingga sekarang kita terpuruk menjadi bangsa yang termiskin di dunia. Sebenarnya tidak boleh itu terjadi. Coba kita malam ini makan begitu lezat, begitu enak dan masih banyak sisa. Ini makanan lezat sekali karena saya biasanya di warteg, tetapi di luar itu ada ibu dan 2 orang anaknya mati kelaparan, ibu membunuh kedua bayinya di Bekasi karena kelaparan, ibu membunuh kedua bayinya di Pekalongan karena kelaparan, lalu di Batusari di Jakarta Barat seorang suami membunuh istrinya gara-gara nasi goreng, ini sebenarnya tidak boleh terjadi karena kita begitu kaya raya, amat sangat. Apalagi kalau kita melihat menteri-menteri itu kan ganteng-ganteng, mentereng-mentereng, kekayaannya bermilyar-milyar. Tapi kenapa rakyatnya kok mati kelaparan? Apa yang sebenarnya salah?

Lalu ini ada tambahan sedikit. Di internet ada berita yang meresahkan sekali, yaitu kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012, ini ilmiah bapak-bapak, ibu-ibu. Dari kalender maya yang diselidiki oleh NASA tahun ’60 lalu, dan tahun ’75 diselidiki oleh LAPAN kita, dan betul itu bahkan LAPAN itu memprediksi tahun 2011 itu sudah gejalanya nampak. Ada letusan yang maha dahsyat di permukaan matahari yang menghamburkan partikel-partikel yang amat panas dengan kecepatan 660.000 km/detik. Kira-kira 3 hari yang lalu itu dari Australia, memperingatkan bahwa akan terjadi malapetaka besar yang kemudian merenggut 1 juta jiwa dalam rantai Australia, Indonesia, Philipina dan China. Mungkin gempa bumi, mungkin puting beliung, bahkan 3 hari yang lalu ada gempa bumi 7,5 SR di Manokwari. Jadi, barusan saya berdebat dengan Mas Yasso di belakang, bahwa matahari itu umurnya masih 14 milyar tahun lagi, tapi betul memang mataharinya itu masih utuh, tapi planet-planetnya itu sudah hancur semua. Mungkin Tuhan itu mau membangun peradaban baru, peradaban angkasa luar, jadi ini sebenarnya sangat serius, karena sangat ilmiah. Terima kasih.***

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Budayawan Danarto : BUDAYA JAWA SEBELUM ISLAM

  1. raden tugel

    pernah dengar serat dharmo gandhul.jawa dan islam enggak akan pernah nyambung bersatu.kalau dipaksakan oleh wali songo hasilnya ya sekarang jadi enggak karuan

  2. islamjawa

    Aswrwb.
    Raden Tugel,
    Terima kasih komennya. Alhamulillah pd edisi terbaru telah kami turunkan tulisan tentang Seri Sunan Bonang dan Sunan Kalojaga, antara lain berjudul “Tonggak-Tonggak Awal Tasawuf Jawa”.
    Semoga berkenan dan salam ta’zim.
    B.Wiwoho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s