Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia Setia Dharma Madjid : PAK WIWOHO dan DESA BUKU

dsc_66461

Alhamdulillah, sambil diiringi oleh gamelan saya menyampaikan sambutan untuk sahabat saya Pak Wiwoho, seorang priyayi Jawa yang wartawan, menulis suatu buku berdasarkan budaya dan agama dengan tuntunan yang sangat baik, mengalir enak dibaca, sehingga benar kata Pak Ali Yafie, akan rugi orang yang tidak membacanya.

Priyayi Jawa ini dalam pengembaraan batin dipenuhi dengan ajaran Islam yang berpadu dengan falsafah Jawa. Yang juga menarik, buku ini banyak memaparkan uraian-uraian orang tuanya, terutama Ibu, dan itu yang membuatnya selalu tunduk dan taat kepada Gusti Allah dan Kanjeng Nabi, serta tegak melangkah dalam mengabdi kepada keluarga, agama dan bangsa.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dicerna tapi memiliki makna yang luas, agar insan yang bertaqwa tersentuh untuk menyegarkan jiwa, mensyukuri nikmat, mawas diri, muhasabah, meluruskan kehidupan, merebut peluang, melakukan kebajikan, mengejar ketinggalan dan memohon ampun kepada Gusti Allah.

          Hal lain yang perlu kami sampaikan, beliau bersama IKAPI akan membuat suatu monumen, tapi bukan gedung yang tinggi, bukan mercu suar, tapi ”Desa Buku”. Desa buku ini insya Allah akan dicanangkan bulan Mei 2009 di Bumi Mandiri Center, Sukabumi. Orang Jawa mendirikan Desa Buku di tanah Sunda. Nah ini sesuatu yang unik,  dan saya menaruh hormat untuk itu, karena beliau telah mengijinkan tanahnya yang luas untuk dijadikan Desa Buku, yang akan menjadi Desa Buku ke-23 di dunia, kedua di Indonesia dan pertama di Jawa Barat.

Desa Buku ini akan menyediakan perpustakaan umum dan akan menjadi tempat para pengarang dan tokoh-tokoh penerbit serta perbukuan untuk sering berkumpul, berkreasi memunculkan karya-karyanya, sehingga dengan demikian membuka wacana pada bangsa kita.

          Semoga pengembaraan dan perjalanan hidup Pak Wiwoho memperoleh berkah dari Allah Swt. Amiin. ***

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s