Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto : REVOLUSI BUDAYA

dsc_6705

Saya ingin menyampaikan ucapan selamat atas diluncurkannya buku mas Wiwoho ini, yang menurut saya memang betul-betul unik, yaitu Pengembaraan Batin Orang Jawa Di Lorong Kehidupan. Saya memang belum membaca, mas Wiwoho. Hanya saja mendapatkan kesan bahwa intinya itu adalah suatu pengembaraan batin yang dituntun oleh agama atau tuntutan dari Allah SWT di dalam kehidupan ini. Oleh karena itu tentu ini mengandung kebenaran-kebenaran yang patut kita laksanakan di dalam kehidupan kita untuk mencapai tujuan akhir yang diharapkan oleh seluruh manusia.

Saya hanya mengomentari sedikit bahwa di dalam perkembangan jiwa manusia, ini sesuai dengan pendapat atau ajaran dari Ki Hajar Dewantara, karena sekarang saya ada di Taman Siswa, bahwa sebenarnya yang dituju oleh manusia di dalam suatu kehidupan adalah kemerdekaan jiwa, kemerdekaan berfikir dan kemerdekaan bertindak. Ini menyangkut juga tadi di sini adalah kata-kata Kepemimpinan Amanah. Kepemimpinan Amanah menurut saya adalah yang terpenting. Bagaimana kita bisa memerdekakan jiwa kita. Saya yakin seseorang yang tidak bisa memerdekakan jiwanya atau tidak berjiwa merdeka, sebetulnya tidak bisa memimpin. Karena apa, memimpin dirinya sendiri saja belum bisa. Oleh karena itu saya sering katakan dimana-mana bahwa pemimpin yang dapat membawa bangsa dan negara ke arah tujuan atau cita-cita kemerdekaan itu syaratnya harus berjiwa merdeka, berfikir merdeka dan bertindak merdeka. Jadi bukan pemimpin yang antek, bukan pemimpin yang berjiwa kuli atau berjiwa jongos, itu tidak akan bisa pemimpin dan membawa bangsa dan negara ke arah cita-cita kemerdekaan, karena membawa dirinya saja untuk merdeka tidak bisa.

Saya yakin di dalam buku ini  walaupun saya belum membaca, melihat judulnya seperti ini, adalah menuntun kita untuk bisa berjiwa merdeka. Tentu berjiwa merdeka ini tuntunannya adalah satu, yaitu tuntunan dari Tuhan Illahi Robbi kepada kita. Insya Allah kalau kita semua sudah bisa memerdekakan jiwa kita, sudah bisa memerdekakan fikiran kita dan tindakan kita, insya Allah tidak akan terjadi konflik, karena jiwa yang merdeka itu sebetulnya tidak menghendaki konflik tetapi menghendaki suatu perdamaian.

Satu lagi ajaran Ki Hajar Dewantara, orang Jawa dan juga Islam itu di dalam perkembangan kebudayaan pada hakekatnya mengikuti alur evolusi. Evolusi yang berdasarkan pada falsafah trikon, yaitu kontinuitas, konvergensi, dan konsentris. Setiap perkembangan suatu kebudayaan itu tidak boleh terlepas dari awalnya, jadi dia harus ada kesinambungan, harus ada kontinuitas. Kalau tidak terjadi kontinuitas akan mengalami suatu stagnasi. Kemudian di dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa atau orang lain, kebudayaan itu akan mengalami suatu konvergensi dengan tuntunan yang menjadi filter di dalam diri kita. Bisa mengambil kebudayaan bangsa lain yang baik untuk perkembangan kebudayaan kita sendiri, dan bisa menolak kebudayaan yang tidak baik untuk perkembangan diri kita, konvergensi.

Kemudian di dalam perjalanannya tentu kebudayaan ini akan menuju pada satu titik yaitu titik kemanusiaan yang adil dan beradab, dan menuju ke arah tadi, manunggalnya kawula gusti atau ketuhanan Yang Maha Esa. Namun di sini ada masalah, perkembangan yang eksklusif akan menimbulkan stagnasi karena 2 hal, yaitu yang pertama karena alam, mungkin terjadi suatu bencana alam yang dahsyat sehingga suatu peradaban itu hilang. Ini kehendak Allah SWT dan ini terjadi. Di Al-qur’an juga ini diceritakan, terjadi seperti itu. Yang kedua karena ulah manusia, yaitu karena penjajahan, di mana penjajahan itu mematikan kemerdekaan dari individu-individu dan bangsa, sehingga di sini akan mematikan perkembangan kebudayaan secara evolusi.

Kalau itu terjadi, apa selanjutnya? Perkembangannya tidak lagi evolusi sifatnya, tetapi menjadi revolusi. Mengapa? Karena terjadi suatu pemutusan perkembangan yang evolutif. Maka harus revolusi. Revolusinya untuk apa? Yaitu untuk mengembalikan kebudayaan pada alurnya yang benar, yaitu kembali ke jalan yang benar, jalan yang dituntun oleh Allah SWT. Nah, di sinilah kita hubungkan dengan masalah bangsa dan negara kita sendiri saat ini, kelihatannya terjadi suatu stagnasi, terputus aluran, yaitu yang pertama kontinuitas, agak terputus masa lalu dengan masa sekarang. Ini ada yang terputus. Kemudian yang kedua sekarang ini sebenarnya terjadi penjajahan gaya baru. Nah, kalau yang terjadi seperti ini dan perkembangan kebudayaan itu sudah menjadi stagnasi atau mandeg, maka yang terjadi perkembangannya nanti bukan evolusi lagi, tetapi revolusi. Hanya perlu dijelaskan di sini, revolusi yang benar itu bukan revolusi yang menghancurkan, tetapi revolusi yang benar itu adalah revolusi untuk mengembalikan kepada jalan yang benar, yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Saya rasa itu saja komentar dari saya, mudah-mudahan ada manfaat dan barokahnya. Amiin.***

4 Comments

Filed under Uncategorized

4 responses to “Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto : REVOLUSI BUDAYA

  1. Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatu.

    Segala puji dan rasa syukur yang tiada batas senantiasa kami panjatkan ke Hadhirat ALLAH SWT, pencipta dan penguasa alam semesta.

    Sholawat dan salam sejahtera selalu tercurah kepada Para Utusan/Rosul ALLAH SWT, yang telah membimbing menjembatani dan menjalurkan kami ke jalan Ridho-Nya.

    Alhamdulillah atas ridho/izin dari ALLAH SWT dan Para Rosul/Utusan ALLAH SWT, saat ini kami bermaksud :

    MENGUNGKAP

    “RAHASIA DARI SISI ALLAH SWT”

    YANG TELAH DITURUKAN DI DUNIA

    Sebelum kami mengungkap “Rahasia dari sisi ALLAH SWT” kami dengan rasa rendah hati, menyampaikan mohon maaf bilamana dalam penyampaian berita baik ini tidak berkenan di hati anda, Namun hal ini tetap harus kami ungkapkan, mengenai “sesuatu” yang selama ini masih menjadi “Rahasia ALLAH SWT”.

    Kepada segenap bangsa Indonesia khususnya dan umat manusia pada umumnya yang dirahmati oleh ALLAH SWT, dengan ini kami menyampaikan berita baik mengenai telah ditutunkan-Nya WAHYU KEPEMIMPINAN di Tanah Air Indonesia .

    Adapun WAHYU KEPEMIMPINAN yang diturunkan di Bumi Indonesia ini, terkait langsung dengan RISALAH ALLAH SWT dalam mensejahterakan seluruh umat manusia di Dunia menuju akhir zaman.

    Hal ini sesungguhnya NYATA dan merupakan kehendak ALLAH SWT, untuk membantu, membangun, menata, mensejahterakan dan memakmurkan umat manusia di Dunia.

    Untuk terwujudnya kehendak ALLAH SWT di muka bumi ini, ALLAH SWT telah menurunkan segala perangkat dalam proses pelaksanaannya :

    ALLAH SWT menurunkan kembali ke dunia, para Utusan/Rosul ALLAH SWT untuk mengatur/menata Risalah ALLAH SWT serta membimbing menjembatani dan menjalurkan “Insan Pilihan / Insan Hablumminalah” yang telah diturunkan di dunia ke jalan Ridho-Nya.
    Untuk membentuk “JATI DIRI” Insan Hablumminallah, harus melalui/melewati bimbingan, ujian, cobaan secara khusus dalam kehidupannya.
    Setelah lulus melalui bimbingan, ujian, cobaan secara khusus dalam kehidupannya, maka Insan Hablumminallah ditinggikan derajatnya disisi ALLAH SWT, hal ini menjadi modal dasar untuk menerima dan menjalankan perintah-Nya.
    Insan Hablumminallah / Insan Sejati / Insan Pilihan adalah merupakan kepanjangan langkah dan tangan ALLAH SWT di Dunia.
    Kepada Insan Hablumminallah, ALLAH SWT telah ridho menitipkan/menyerahkan seluruh “Kekayaan Bumi” untuk dipergunakan sebagai sarana/jembatan dalam mensejahterakan umat manusia di Dunia.
    Agar dalam pelaksanaan mensejahterakan umat manusia di dunia ini dapat berjalalan dengan baik, benar dan lancar sesuai kehendak-Nya, ALLAH SWT melengkapi Insan Hablumminallah dengan menurukan seluruh “Pasukan Langit” atau pasukan SIR ALLAH atau pasukan Kasat Mata. Sebagai pasilitas bagi “KEPEMIMPINAN” Insan Hablumminallah yang ditunjuk-Nya, untuk melaksanakan kehendak-Nya mengantarkan umat manusia dalam tatanan masyarakat Global yang sejahtera, adil aman tentram dan berjiwa lebih sepiritual dan manusiawi.

    Syukur Alhamdulillah Rahasia disisi ALLAH SWT sebagaimana yang tersebut diatas, atas ridho dari sisi ALLAH SWT beserta Para Rosul/Utusan-Nya saat ini telah dapat kami ungkap dan beritahukan kepada Bangsa Indonesia khususnya dan umat manusia di dunia umumnya, ini adalah merupakan berita yang sesungguhnya “BUKAN BASA BASI” atau “REKAYASA”. Berita ini kami sampaikan bukan atas dasar ambisi untuk kepentingan pribadi, kelompok atau golongan, tetapi semata-mata karena ALLAH SWT.

    Penjabaran secara Hablumminanas atas “WAHYU KEPEMIMPINAN” yang diturunkan dari sisi ALLAH SWT terkait dengan RISALAH-NYA, telah memunculkan wacana
    “JATI DIRI BANGSA INDONESIA” yang tidak dapat dipisahkan dengan :

    PEMIMPIN SEJATI MASA DEPAN ADALAH INSAN / MANUSIA YANG TELAH MENGETAHUI JATIDIRINYA SENDIRI, BAIK SECARA HABLUMMINALLAH MAUPUN SECARA HABLUMMINANAS.

    Untuk menjadi “PEMIMPIN MASA DEPAN BANGSA INDONESIA ” harus mengetahui dan paham betul serta dapat membawa masyarakat bangsa dan Negara sesuai dengan
    “JATI DIRI BANGSA INDONESIA ”.

    Adapun “JATI DIRI BANGSA INDONESIA ” terbagi kedalam dua sisi yaitu :

    INTERNAL :

    Sebagi Pemimpin Bangsa harus dapat mengantarkan masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk membantu, membangun , menata, mensyejahterakan dan memakmurkan masyarakat secara adil, aman, tentram dan semua pemeluk agama dapat hidup berdampingan layaknya hidup dalam “SURGA DUNIA” seperti apa yang kita khayalkan/dambakan saat ini.

    EXTERNAL :

    Sebagai Pemimpin Bangsa harus dapat mengantarkan masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju “MERCUSUAR DUNIA” dalam hal mana akan terjadi tatanan masyarakat Global secara Fisik dan Non Fisik.

    – FISIK :

    Membangun dunia yang usianya saat ini sudah senja, untuk dijadikan kembali
    lebih muda sehingga kehidupan di dunia layaknya seperti “SURGA DUNIA”.

    – NON FISIK :

    Membentuk Mental dan Spiritual umat manusia di dunia agar lebih Spiritual dan
    Manusiawi, sehingga menjadi MANUSIA SEJATI yang diridhoi ALLAH SWT.

    Apabila kita hayati secara seksama tentang Jati Diri Bangsa Indonesia , sesungguhnya terdapat VISI dan MISI ALLAH SWT, yang dapat dijabarkan sebagai berikut.

    VISI ALLAH SWT :

    Pada masa akhir zaman ini ALLAH SWT sedang dan telah menurunkan Risalah-Nya, serta sekaligus memberi peringatan bagi Umat Manusia untuk bertaubat kepada
    ALLAH SWT, dalam putaran waktu menuju dunia dikiamatkan.

    MISI ALLAH SWT :

    ALLAH SWT berkehendak untuk membantu, membangun, menata, mensejahterakan dan memakmurkan Umat di Dunia, melalui tangan-tangan ALLAH SWT di dunia yaitu
    “Insan Hablumminallah” yang ditunjuk-Nya secara langsung sebelum dunia ini dikiamatkan. Semua ini sebagai bukti kepada umat manusia tentang kekuasaan dan kebesaran ALLAH SWT, yang alhamdulillah “RISALAH ALLAH SWT” diturunkan di tanah air Indonesia, terkait dimana Indonesia adalah merupakan tempat diturunkan-Nya umat manusia untuk pertama kali menginjakan kaki di Bumi.

    JATI DIRI BANGSA INDONESIA hanya dapat dipahami dan terwujud atau terlaksana apabila pemimpinnya berasal dari Insan Hablumminallah.

    Insan Hablumminallah ini adalah Manusia Sejati yang telah “DISUCIKAN” lair dan batinnya menurut versi ALLAH SWT yang dijembatani oleh para Rosul/Utusan ALLAH SWT, dan atas ridho dari sisi ALLAH SWT telah ditinggikan derajatnya, dimana segala tidakan / perbuatannya telah mendapatkan ridho dari sisi-Nya dan merupakan kepanjangan langkah dan tangan ALLAH SWT di Dunia.

    Oleh karena itu kami berpesan dan menghimbau kepada seluruh bangsa Indonesia dan seluruh umat manusia di Dunia agar selalu bersyukur kepada ALLAH SWT, atas telah diturunkan-Nya berkah, rahmat, hidayah serta karunia kepada bangsa Indonesia khususnya dan umat manusia pada umumnya. Semoga segala keberkahan, rahmat, hidayah serta karunia-Nya yang sudah diturunkan kepada Bangsa Indonesia dapat segera kita nikmati bersama atas ridho ALLAH SWT dan para Rosul / Utusan-Nya.

    Amin ya robal alamin…

    Demikianlah, kami sampaikan berita baik ini dengan sesungguhnya dan kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

    ALLAH SWT selalu beserta kita.

    Wasalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatu.

    Jakarta , 12 Juli 2009
    ttd
    Insan Hablumminallah
    http//hablumminallah.wordpress.com

  2. islamjawa

    Aswrwb.
    Subhanallah walhamdulillah.
    Terima kasih dan salam ta’zim.
    B.Wiwoho.

  3. INSAN KAMIL RIYADI

    ASSALAMUALAIKUM WR WB, ALLAH SWT MENAWARKAN AMANAH INI KEPADA SEMUA MAKHLUKNYA DIALAM SEMESTA INI NAMUN TIDAK ADA YG SANGGUP KECUALI MANUSIA ( NABI ADAM ) AMANAH INI DI WARISKAN OLEH NABI ADAM KEPADA PARA NABI & PARA SAHABAT NABI: 1. NABI MUSA, 2. NABI DAUD, 3. NABI ISA, 4. NABI MUHAMMAD DAN PARA NABI SEBELUM NABI MUHAMMAD YANG DISEBUT ZAMAN NABI. SETELAH ZAMAN NABI DI WARISAN AMANAH INI KE ZAMAN WALI ALLAH SPT WALI KUTUB /WALI TUNGGAL, WALI SEMBILAN DAN PARA WALI ALLAH YG TIDAK KUSEBUTKAN NAMANYA TAPI TIDAK MENGURANGI RASA HORMAT KAMI, YANG DISEBUT ZAMAN WALI. SETELAH ZAMAN WALI ALLAH DI WARISAN AMANAH INI KEPADA PARA LELUHUR KITA SAMPAI KE DIRI KITA SEKARANG INI, AMANAH INI HARUS DITEGAKKAN DIBUMI PERTIWI NUSANTARA INI YANG DINAMAI ZAMAN UMAT,BILA TIDAK ADA LAGI YG MEMPELAJARI ILMU KETAUHIDAN INI DUNIA AKAN HANCUR ( KIAMAT) ALHAMDULILLAH KARENA MASIH ADA ORANG YG MEMPELAJARI ILMU KETAUHIDAN INI KEHANCURAN BELUM TERJADI, WALAUPUN SUDAH ADA TANDA TANDA BANYAK MUSIBAH KECIL TERJADI DI INDONESIA KHUSUSNYA, UMUMNYA DUNIA. ALLAH MELAHIRKAN KE DUNIA INI MELALUI KEDUA ORANGTUA KITA UNTUK BERSUJUD / BERBAKTI KEPADA ALLAH SWT, UNTUK BERBAKTI KEPADA ALLAH, MANUSIA HARUSLAH TERLEBIH DAHULU MENGENAL ALLAH KARENA TANPA MENGENAL ALLAH, MANUSIA TIDAK DAPAT MEMAHAMI AGAMA ALLAH DAN TANPA MEMAHAMI AGAMA ALLAH MAKA MANUSIA TIDAK DAPAT MELAKSANAKAN TUNTUNAN AGAMA SEBAGAIMANA YG DIKEHENDAKI OLEH ALLAH. KEGAGALAN MANUSIA MELAKSANAKAN TUNTUNAN AGAMA ALLAH SESUAI DENGAN KEINGINAN ALLAH DAN TUJUAN AGAMA ALLAH DITURUNKAN KEPADA MANUSIA, MAKA AGAMA ALLAH TIDAK DAPAT DIBANGUNKAN DENGAN SEMPURNA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MANUSIA. APABILA AGAMA ALLAH TIDAK DIBANGUNKAN DENGAN SEMPURNA DALAM MASYARAKAT MANUSIA MAKA AKAN MENGAKIBATKAN KEHIDUPAN MANUSIA AKAN SENGSARA DAN MENDERITA, DIMANA KESENGSARAAN DAN PENDERITAAN KEHIDUPAN MANUSIA AKAN MELIPUTI SEMUA LAPISAN MANUSIA. HAL INILAH YANG SEDANG DIRASAKAN DAN DI ALAMI OLEH MAYORITAS UMAT MANUSIA DISELURUH DUNIA. DEMIKIANLAH MAYORITAS UMAT MANUSIA DI DUNIA HARI INI HIDUP DALAM KESENGSARAAN DAN PENDERITAAN DISEBABKAN KEGAGALAN MEREKA MEMBANGUNKAN AGAMA ALLAH DIDALAM MASYARAKAT MEREKA. ORANG KAYA HIDUP MENDERITA DAN SENGSARA MENURUT KEADAAN KEKAYAAN MEREKA, SEDANG ORANG MISKIN MENDERITA DAN SENGSARA MENURUT KEADAAN KEMISKINAN MEREKA HINGGA MASYARAKAT MANUSIA TIDAK LAGI SEJAHTERA, SEDANGKAN AGAMA ALLAH BERTUJUAN UNTUK MENSEJAHTERAKAN KEHIDUPAN MANUSIA. UNTUK MELAKSANAKAN AMANAH ALLAH INI, ALLAH TELAH MEMBERIKAN ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA KEPADA NABI ADAM KE WALI ALLAH SAMPAI KELELUHUR KITA YG SERING SEBUT HARTA AMANAH, HARTA PARA RAJA/ SULTAN SAMPAI KE BUNG KARNO YG SERING RAKYAT INDONESIA DISEBUT HARTA BUNG KARNO, SEDANGKAN BELIAU SENDIRI BUNG KARNO TIDAK MENGAKUI HARTA PRIBADI / KLUARGA,BELIAU MENYEBUTNYA HARTA RAKYAT INDONESIA YG SUDAH DISIMPAN SECARA RAPI BANK TO BANK OLEH PARA PEGAWAI ALLAH,HARTA RAKYAT INDONESIA ITU BISA CAIR OLEH ORANG YG MENAROH YG PASTI ORANG YG MEMPUNYAI NO REK DI BANK TO BANK ( PIN ATM ) BUKAN DGN SURAT KUASA, BUKAN TANDATANGAN JEMPOL CAP DARAH DLL KARENA BUNG KARNO JASADNYA SUDAH MATI.(harta ini milik allah, bukan milik siapa siapa BUKAN MILIK BUNG KARNO, BUKAN MILIK RAJA RAJA, BUKAN MILIK EYANG) INSYA ALLAH TEAM KAMI AKAN MELAKSANAKAN AMANAH INI UNTUK TEGAKNYA KALIMAH LAA ILAHA ILLALLAH, MUHAMMADARROSULULLAH DI BUMI PERTIWI NUSANTARA INI DI MULAI DENGAN MENSEJAHTERKAN RAKYAT INDONESIA MELALUI KOPERASI ” KENARI” SEMUA ANGGOTA YG MEMILIKI KTP AKAN DISEJAHTERAKAN TANPA DIPUNGUT BIAYA APAPUN DAN ANGGOTA DI YG BELUM MEMILIKI KTP ( PELAJAR) AKAN MENDAPATKAN BIAYA PENDIDIKAN + LAPTOP ( SUBHANALLAH LAPTOP INI SUDAH ADA DALAM PIKIRAN PARA WALI ALLAH SEBELUM DICIPTAKAN MANUSIA). SEMUA SISTEM KOPERASI SUDAH DI NOKTARISKAN DAN DANA OPERASIONAL KOPERASI UNTUK SUDAH DISIAPKAN OLEH ALLAH UNTUK RAKYAT INDONESIA, TEAM KAMI TINGGAL MENCARI ORANG ORANG YG MENGENAL DIRI ( BERHATI EMAS ) YANG AKAN DI PILIH ALLAH DIDALAM MBB YANG AKAN BERTUGAS MEMIMPIN JABATAN DARI 33 PROPINSI HINGGA TINGKAT RT.IBARAT TEAM KAMI SEDANG MEMBUAT PARTAI ALLAH, DENGAN NAMA PARTAI LAA ILAHA ILLALLAH, MUHAMADARROSULULLAH, MAKA TEAM KAMI SEDANG MENCARI CALEG UNTUK DUDUK DI KOMISI KOPERASI KENARI UNTUK MENGURUS KESEJAHTERAAN RAKYAT, DI KOMISI BANK AMANAH RAKYAT INDONESIA UNTUK MENGURUS PENCAIRAN HARTA AMANAH YANG DI PEGANG PARA WALI AMANAH, PARA SESEPUH / EYANG,YANG AKAN CAIR CUKUP DI INDONESIA TIDAK PERLU KE SWISS. SETELAH RAKYAT INDONESIA SEJAHTERA DAN TIDAK MENDERITA LAGI BARU TEAM KAMI AKAN MENDORONG UMAT MANUSIA UNTUK MENGENAL ALLAH SESUAI AGAMA KENYAKINANNYA MASING MASING, BAGI UMAT ISLAM AKAN KITA DORONG KE MAJELIS ILMU YG AKAN DI PIMPINAN OLEH PEMUKA AGAMA YG SUDAH MENGENAL DIRI SENDIRI, AGAMA KRISTEN DGN PENDETA, HINDU DENGAN PEMUKA AGAMANYA, BUDHA DENGAN PEMUKA AGAMANYA JUGA DLL silahkan saudara -saudaraku baik islam maupun non islam yang ingin berjuang bersama kami untuk mengujudkan MBB ini, yang ingin menjadi PEJUANG TUHAN YME,ketemu langsung dgn pak sudarsono 081280311051 / 087782696267 ( NON SMS )karena acara ini acara kita semua, BAGI saudara – saudaraku yg hanya ingin sebagai TAMU TUHAN YME, kirimkan data pribadi ( nama lengkap, alamat tinggal sekarang / kontrakan. no hp ) kirimkan ke inbox fb : pasukan gajah kencana (pasukangajahkencana@yahoo.com), seluruh biaya transportasi bus / tiket pesawat ( luar pulau jawa ) dan hotel dll ditanggung kami wassalamualaikum wr wb hormat kami DEWAN AMANAH RAJA RAJA NUSANTARA dgn kode team amanah : LM ( LAA ILAHA ILLALLAH, MUHAMADARROSULULLAH )

  4. islamjawa

    Terima kasih. wswrwb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s