Wartawan Senior, Yop Pandie : Laksana Tepungsari yang Membuahi Lahirnya Perenungan Baru

yopie4

Watak dan perilaku manusia terbentuk melewati proses panjang dan rumit, melalui gen, pendidikan, latihan, dogma, pengalaman, prasangka dan interaksi dengan lingkungan. Karena itu upaya mengenali manusia dan berbagai aspek kehidupannya merupakan pekerjaan yang tidak pernah tamat pada suatu masa. Ribuan filosof, psikolog, antropolog, budayawan, ulama, pendidik dan  motivator sudah menulis tentang manusia, tapi buku-buku baru yang berusaha menyelami watak dan perilaku manusia terus bermunculan.

Buku Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan yang ditulis oleh B Wiwoho menjadi menarik untuk disimak karena ditulis oleh seorang dengan latar belakang jurnalistik dan LSM, yang berusaha melihat diri sebagai warga bangsa, sebagai umat, sebagai unsur dari suatu kebudayaan, dan sebagai manusia yang sedang menyelami eksistensinya.

Sebagai jurnalist, B Wiwoho banyak melakukan liputan yang menyuburkan curiosity, mengasah kemampuan observasi, memupuk pemahaman dan empati, serta menggugah kontemplasinya terhadap kehidupan. Melalui buku ini– satu dari sekitar 30 buku yang ditulisnya–pembaca diajak mengikuti pergulatan batin penulisnya dari berbagai masa dan tahap kehidupannya. Sebuah rekaman retrospektif yang  dapat menjadi laksana tepung sari membuahi lahirnya perenungan-perenungan baru pembacanya.

Yop Pandie, wartawan senior, sahabat  sejak 1971 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s