BATIN-OJ21Suatu generasi yang juga termasuk istimewa adalah generasi Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Hanya beberapa gelintir dari “Bapak-Bapak Bangsa” itu yang bergelar sarjana. Sebagian besar buta huruf dan hanya sedikit yang  berpendidikan HIS (setingkat Sekolah Dasar) dan pesantren serta sedikit sekali yang Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi semangat patriotismenya, kejujuran dan ketulusan hatinya menggetarkan semangat bangsa-bangsa terjajah lainnya di benua Asia Afrika. Menjadi acuan bagi kebangkitan dan kemerdekaan bangsa-bangsa lain.

Jika dahulu kita hanya memiliki sedikit orang pintar tetapi banyak sekali orang yang berbudi luhur, bagaimana keadaan kita sekarang? Tetangga-tetangga kita merendah-kan, melecehkan kita, bahkan termasuk tetangga yang baru melepaskan diri dari Indonesia, Timor Timur, yang hanya berpenduduk sekitar 760.000 jiwa dengan pengangguran mendekati 80% dan tingkat kemiskinan 40%.1)

Mengapa tetangga-tetangga kita seperti Malaysia, Singapura, Timor Timur dan Australia berani mempermain-kan kita? Sebagaimana layaknya dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi bahan renungan, mengapa tetangga kita berani memperbudak anggota keluarga kita? Mengapa mereka berani seenaknya menjadi penadah dan tempat perlindungan pencuri bahkan perampok di rumah kita? Mengapa mereka berani memukuli anak kita? Membuang sampah di halaman kita? Mengapa mereka berani menghasut perpecahan dalam rumah tangga kita? Pasti ada sesuatu yang tidak beres, ada sesuatu yang salah pada rumah tangga kita. Rasanya ada sesuatu yang terbalik dibanding keadaan di masa Revolusi Kemerdekaan.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 46)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s