Dengan interpretasi dan transformasi ruh Islam ke dalam bahasa dan budaya Jawa yang halus, lembut, dan penuh nuansa, maka ajaran Islam mampu berbicara pada hati orang-orang Jawa, dan dengan segera merebut hati mereka.

Kidung Kawedar Sunan Kalijaga yang saya kutip di awal tulisan ini, adalah bait pertama dari yang keseluruhannya berjumlah 45 bait. Masyarakat Jawa yang senang dengan mantera-mantera gaib, diajak melantunkan tembang-tembang indah yang diberi sugesti kekuatan gaib melalui penyerahan diri kepada Gusti Allah Yang Maha Kuasa. Diberi sugesti dari fadilah, keutamaan, hikmah dan manfaat surat Al-Fatihah, ayat Kursi, surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas.

Kidung Kawedar mewedarkan, menguraikan, menje-laskan tentang ajaran Islam. Tentang Nabi-nabi, tentang Kanjeng Nabi Muhammad, para sahabat dan Fatimah anaknya. Tentang manfaat dan keutamaan bagi siapa yang memeluk agama Islam. Tentang beberapa surat dalam Al-Quran. Tiada ancaman, tiada momok yang menakutkan, tiada cambuk api di tangan kiri dan bara neraka di tangan kanan dalam mereka berdakwah. Baik Kidung Kawedar maupun tembang-tembang lainnya, semua penuh hiburan, bermain gembira ria dan penuh sugesti untuk menyongsong kemuliaan hidup di dunia maupun di akhirat kelak. Memang sempat pula para wali dan pengikutnya berperang mengangkat senjata menyerbu kerajaan Majapahit. Tetapi hal itu karena dilatarbelakangi oleh persoalan keturunan dan bukan agama. Majapahit yang dipimpin Kertabhumi (Raja Brawijaya) adalah ayah kandung Raden Fatah, Adipati Demak Bintoro, telah mengalami perpecahan dan perang saudara. Di kancah perang saudara itulah kemudian Raden Fatah yang didukung para wali berhasil mengalahkan para pemberontak yang sebelumnya telah mengalahkan ayahandanya.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 63)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s