Para Kyai tergolong kaum arif nan bijak bestari, teguh berdakwah menembus belantara Jawa, yakin akan kebenaran sebuah hadis, keluar dari kehinaan maksiat menuju kemuliaan taat sehingga bisa sugih tanpa banda, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake, kaya tanpa harta, menyerbu tanpa menggunakan bala tentara dan menang tanpa membuat lawan merasa dikalahkan.

Dihitung sejak Islam masuk ke kerajaaan Majapahit abad ke-14, jejak langkah dakwah model Kyai Jawa tadi, bahkan dalam hal tradisi dan seni misalkan seni ukir, nampak masih jelas membekas. Namun di bidang metodologi dan keteladanan sungguh saya merasa sangat prihatin.

Pada hemat saya sebagai obyek dakwah yang awam dan abangan ini, telah terjadi erosi keteladanan dan kemunduran besar dalam berdakwah.

Berita-berita media massa yang menunjukkan keberingasan dan kekerasan, sinetron-sinetron televisi yang bernuansa kehebatan bangsa jin, cambuk api dan bara neraka serta aneka perilaku yang tak pantas disandingkan dengan Sepuluh Landasan Moral dan Etika di atas, dan lebih-lebih keteladanan Kanjeng Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya, seyogyanyalah membuat kita berani melakukan introspeksi dan koreksi, khususnya dalam berperilaku dan berdakwah.

Alhamdulillah, belakangan ini saya sedikit merasakan kesejukan setetes embun dari kyai sepuh yang telah berusia 80 tahun, Kyai Ali Yafie, yang dengan lantang tanpa jemu menyerukan agar para pemimpin dan ulama memegang teguh azas Bersih – Sederhana – Mengabdi (BSM). Azas ini menurut pak Kyai harus diamalkan dan dipraktekkan dalam pola hidup dan perilaku. Untuk itu segala macam aktivitas yang kita lakukan haruslah dimulai dengan kebersihan jiwa, kebersihan hati dan niat, dikembangkan dalam pola kehidupan serta perilaku kesederhanaan, dengan sasaran pengabdian selaku hamba, selaku utusan dan wakil Gusti Allah Yang Maha Agung di muka bumi.

Semoga azas BSM ini dapat menjadi kunci pembuka kabut penguasa kegelapan yang menyelimuti kita dewasa ini.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 68)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s