Metode pembelajaran  yang terbalik itu pulalah yang kemudian menyebabkan sebagian dari penganut Islam Kejawen, yang merasa sudah menguasai ilmu hakikat atau pandangan dari perbuatan hati, dan ma’rifat atau mengenal Tuhan dengan sebenar-benarnya mengenal, tidak lagi merasa perlu melaksanakan salat lima waktu. Saya pun tak terkecuali, sewaktu sedang sibuk sebagai wartawan muda pada pertengahan tahun 70-an, selama hampir tiga tahun salat lima waktu saya banyak bolong karena sok merasa seperti itu. Astaghfirullah.

Padahal hamba Allah manakah yang pengenalannya terhadap Tuhan melebihi pengenalan Kanjeng Nabi Muhammad? Tentu tidak ada. Meskipun demikian toh Kanjeng Nabi tetap menjalankan salat lima waktu ditambah berbagai salat sunat terutama salat tahajud atau salat malam.

Berbagai literatur Islam Kejawen yang bersumber dari para wali dan pujangga-pujangga keraton, sesungguhnya secara gamblang juga telah mengajarkan keterkaitan dari syariat, tarekat, hakikat, dan ma’rifat. Keempat tanjakan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisah-pisah. Serat Centini yang dianggap sebagai ensiklopedi sastra Islam Kejawen, menegaskan hal itu. Hakikat yang meninggalkan syariat akan berbahaya dan bisa menimbulkan keburukan, bahkan bisa disebut kafir.

Kitab Wulangreh yang lebih tua dari Centini (Wulangreh ditulis oleh Pakubuwono IV, sedangkan Centini oleh Pakubuwono V) sementara itu mengajarkan bila kita ingin berguru mencari ilmu, disamping harus meneliti budi pekerti sang guru juga harus menyaring dengan seksama ilmu yang diajarkan dengan empat hal yaitu Al Quran, hadis, ijmak dan kiyas. Pun harus diwaspadai, orang yang mengajak meninggalkan syariat termasuk salat, lantaran merasa sudah menguasai segala macam ilmu, lebih-lebih yang tak peduli halal dan haram. Sebab akan rusaklah seluruh tatanan kehidupan nanti.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 83)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s