Tetapi wahai saudaraku, jangan kuatir. Seorang Pujangga yang memakai nama “Mangunatmaja” menulis Serat Kalabrasta (memberantas malapetaka dan kejahatan), dengan menyatakan Zaman Edan tersebut akan bisa kita atasi dengan kejujuran, kebaikan, teredamnya ambisi kekuasaan, keteladanan, kesederhanaan, ikhlas dan sungguh-sungguh dalam mengupayakan keamanan – ketenteraman dan kesejahteraan umum, dan turunnya ampunan Illahi serta berbagai hal baik lainnya yang merupakan pakaian keimanan.

Orang yang mempunyai jiwa, watak dan perilaku seperti itulah yang oleh leluhur kami disebut “Ratu Adil”, Sang Penyelamat Keadaan. Ratu Adil akan selalu muncul sesuai dengan hukum dan putaran roda kehidupan, yakni tatkala kebobrokan sudah sedemikian parah sehingga timbul perlawanan yang menghasilkan hal yang sebaliknya, yaitu era kebaikan dan keadilan. Ratu Adil akan keluar dari tempat dia uzlah, dari tempat di mana untuk beberapa waktu ia mengasingkan diri, memenjarakan dirinya sendiri, mengurung diri atau “memingit” diri, lantaran tidak mau ikut edan. Ratu Adil adalah orang-orang, bukan harus satu orang, yang berjiwa ksatria. Karena itu ia disebut pula Satria Piningit. Ratu Adil mungkin juga sebuah sistem yang menjunjung tinggi dan taat azas dalam menegakkan keadilan.

Allahumma amin, semoga kita mengalami zaman keemasan seperti itu, zaman yang dipimpin oleh para ksatria yang menjunjung tinggi keadilan, yang keluar dari tempat “pingitan”nya, satria yang rela mewakafkan sisa hidup, jiwa raganya secara ikhlas dan sunguh-sungguh demi kejayaan nusa dan bangsanya. Bukan satria yang takut mati, takut menderita tapi senang menunggu untuk menyalib di tikungan. Naudzubillah.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 89)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s