Memang segala sesuatu itu berasal dari dan karena Allah. Tetapi Gusti Allah tidaklah misalnya, menurunkan makanan atau pakaian langsung dari langit, melainkan dengan perantaraan manusia atau makhluk lainnya. Kewajiban kita mengetahui, mengingat dan berterima kasih kepada Allah dan juga sekaligus kepada manusia yang menjadi perantara pertolongan Allah tersebut. Inilah makna pemahaman asal mula kejadian secara vertikal maupun horizontal. Omong kosong kata ibu, kita sungguh-sungguh bersyukur kepada Gusti Allah yang tak kelihatan, kalau berterima kasih kepada sesama manusia yang nampak secara fisik saja tidak bisa.

Perjalanan hidup kita bagaikan bangunan kehidupan yang tersusun dari batu demi batu kehidupan. Setiap batu, setiap butir pasir dan partikel semen serta air kehidupan, mempunyai peran dan arti dalam bangunan kehidupan tersebut. Karena itu kita harus memahami dan menghargai semua komponen bangunan tadi. Inilah juga yang disebut hukum sebab akibat, hukum asal mula kenapa sesuatu terjadi. Tidak ada hal di dunia ini yang terjadi karena dengan sendirinya kecuali Gusti Allah. Kita bisa tumbuh besar, kuat, pandai dan jaya karena menyusu banyak hal dari banyak orang dan kejadian. Dan di atas itu semua, adalah karena kersaning Allah. Karena kehendak Tuhan. Itulah loro-loroning ngatunggal, dua hal tapi juga satu yang merupakan filosofi dasar dari pengamalan filosofi sangkan paraning dumadi.

Sering terjadi ketika seseorang menghadapi kesusahan, maka penyebab kesusahan terus diingat bahkan mungkin seperti menjadi dendam. Sebaliknya tatkala sukses, semuanya dilupakan, karena merasa kesuksesan tersebut disebabkan oleh dirinya sendiri. Ia lupa adanya peran orang lain, bahkan lupa adanya campur tangan Allah.

(dikutip dari buku “Pengembaraan Batin Orang Jawa di Lorong Kehidupan” hal 95)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s