MENUKAR PERSAHABATAN DENGAN PESONA DUNIA

Peribahasa Jawa yang berbunyi “Tuna satak bathi sanak” bukan semata-mata berarti “rugi materi untung persaudaraan”, tapi jauh lebih luas dari itu . Peribahasa ini mengajarkan agar materi, uang, harta benda, kekuasaan & segala pesona dunia lainnya, jangan sampai mengalahkan lebih-lebih mengorbankan persahabatan.

Harta benda itu perlu, tapi bukan segalanya. Bahkan dibanding ilmu, ia bukan tandingannya. Ilmu menurut Sayidina Ali, mengawal kita.

Sebaliknya terhadap harta benda kitalah yg justru mengawalnya. Seorang teman yang wajahnya sering nongol di TV berpendapat, harta benda ibarat pisau bermata dua. Karena itu dan lebih-lebih hasil korupsi lebih baik kita “kempit” di ketiak kita agar tdk digunakan oleh orang lain secara sembarangan. Penilainnya saya setuju tapi kesimpulannya tidak. Sebab saya yakin tidak ada sesuatu hasil yang baik yang berasal dari sesuatu yg tidak baik. Sesuatu yang patut diduga tidak thoyib apalagi haram, tidak perlu dikempit & dicari-cari. Jika ada yang memberikan ke kita, secepatnya langsung disalurkan habis ke fakir miskin atau untuk membangun prasarana umum seperti jalan, jembatan & irigasi. Bukan pesantren apalagi prasarana ibadah.

Harta & kekuasaan, dalam sekejab bisa lenyap. Mengapa harus mengorbankan persahabatan? Sebab itu orang-orang tempo dulu berpesan, janganlah sampai kita menukar persahabatan dengan pesona dunia. Persahabatan hanya bisa dikalahkan oleh ketaatan kepada Gusti Allah, Kanjeng Nabi dan nahi munkar. Jika terlanjur, uang dan emas permata sekeranjangpun tidak akan bisa memulihkannya. “Ora patekan”, kata orang Jawa.

(Seri: 5 HAL YG DAPAT dg CEPAT MENGUBAH PERILAKU).

Beji 01 Oktober 2010

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “MENUKAR PERSAHABATAN DENGAN PESONA DUNIA

  1. Pingback: GODAAN HARTA, TAHTA & WANITA : Seri Etika & Moral Kepemimpinan (3). | B.Wiwoho : TASAWUF JAWA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s