HARTA BENDA BAGAI PISAU BERMATA 1000

Seorang teman yang namanya cukup terkenal mengatakan, harta benda itu bagai pisau bermata dua. Saya setuju dengan pendapat tersebut, tapi hanya terhadap harta benda yang halal dan secukupnya. Sedangkan yang halal tapi berlebihan bahkan yang tidak thoyib dan haram, bak pisau bermata 1000, semua titik, sudut dan sisinya tajam bagi siapa saja termasuk si pemilik.

Ambil contoh paling sederhana. Berikan uang jajan kepada anak kita yang masih SMP minimal Rp 100 rb per hari. Apa yg akan terjadi? Hampir dapat dipastikan: berlagak sebagai “God Father”, membentuk gang, hura-hura dan dengan cepat menjadi rusak.

Sesungguhnya dalam kadar dan cara yg berbeda, bukan hanya anak kecil saja yang menjadi seperti itu. Bahkan orang dewasa pun akan demikian. Karena itu Al Mawardi memasukkan harta benda sebagai hal ke-2 yang dapat paling cepat mengubah perilaku. Sementara itu Al-Ghazali lebih jauh mengingatkan, halal tapi melebihi kebutuhan apalagi berlebihan akan membawa kemudharatan, akan membawa pemiliknya melakukan hal-hal haram dan maksiat, akan mengobarkan nafsu rakusnya.

Orang-orang yang sedang seperti itu biasanya susah menerima nasihat. Ia merasa benar sendiri merasa hebat dengan uang dan harta bendanya. Ia merasa dapat membeli orang. Feodal-feodal Jawa terutama Dinasti Mataram, memelihara dan membayar orang yg dijadikan sebagai mainan kesenangan atau klangenan, yang disebut “abdi dalem Polowijan”. Disinilah berbagai peringatan dalam beberapa surat Al-Qur’an benar adanya : “Ketahuilah sesungguhnya harta benda dan anak-anakmu itu adalah cobaan. (Al-Anfal : 28, At-Taghaabun : 15)”.dan “ di pengadilan akherat nanti, tidaklah sekali-kali hartaku dapat menolongku. (Al-Haaqqah : 28)” “……hartanya tidak berfaedah. ( Al-Lahab:2)

Maha Suci Allah.

(Seri 5 HAL YG DAPAT DGN CEPAT MENGUBAH PERILAKU)

Beji – 06 Oktober 2010

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “HARTA BENDA BAGAI PISAU BERMATA 1000

  1. Pingback: GODAAN HARTA, TAHTA & WANITA : Seri Etika & Moral Kepemimpinan (3). | B.Wiwoho : TASAWUF JAWA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s