4 Keharusan Manusia

Al-Ghazali adalah seorang ulama besar dan penulis yang sangat produktif. Pandangan-pandangan yang ditulis pada masa hidupnya, 1058-1111 M, sanggup menembus zaman dan sangat menakjubkan. Di samping itu ia juga seorang filosuf, sufi, sosiolog, psikolog dan sederet keahlian lainnya, yang semuanya dituangkan dalam ratusan karya tulisnya.

Beliau dapat berkisah tentang berbagai hal kehidupan, yang hampir semuanya amat me­narik. Pernahkah anda merenungkan dan mengkaji secara mendalam dan rinci mengenai tubuh anda sendiri? Tentang anatomi, bentuk, fungsi dan cara kerja mata, mulut, lidah, tenggo­rokan, isi perut dan lain-lain?

Dalam bukunya yang berjudul Keajaiban Makhluk Allah (Al Hikamu fii Makhluuq aatil-laahi). Ia menulis tentang alam raya, tentang hikmah penciptaan manusia, hewan, burung, semut, ulat, kutu, ikan dan tumbuh-tumbuhan.

Kita yang bukan dokter, pernahkah menghi­tung berapa banyak tulang yang mem­bentuk kepala? Sembilan ratus tahun yang lalu tatkala ilmu bedah kedokteran belum semaju sekarang, Al-Ghazali telah menulis, Allah menciptakan kepala yang tersusun dari 55 tulang. Bentuk tulang-tulangnya berbeda-beda. Lalu dia me­nyusun sebagian dengan sebagian yang lain yang membentuk bulatan kepala sebagaimana yang kita lihat. Di antara tulang-tulang itu ada 6 tulang yang khusus untuk tulang tengkorak, 24 tulang untuk dagu atas, 2 tulang untuk dagu bawah, dan sisanya untuk gigi. Sebagian gigi-gigi itu berbentuk lebar yang cocok untuk menggerus makanan. Sebagian lagi tajam, cocok untuk memotong-motong makanan.

Menurut Al-Ghazali, Allah menjadikan leher sebagai tempat pemusatan kepala. Dia menyusunnya dari 7 lubang yang melingkar bulat dari sisi-sisinya, ada tambahan-tambahan dan pengurangan-pengurangan, agar sebagian bisa saling menutup pada sebagian yang lain.

Allah meletakkan leher di atas punggung. Dari pangkal bawah leher hingga ujung tulang yang paling bawah, Allah menyusunnya dari 24 ruas tulang belakang dan 3 tulang bawah yang berbeda-beda. Tulang belakang yang paling bawah disambung dengan tulang ekor, dan tulang ini juga tersusun dari 3 jenis tulang yang lain. Kemudian Dia menyambungkan tulang punggung dengan tulang dada, tulang pundak, tulang dua tangan, tulang bawah perut, tulang yang paling ujung, tulang dua paha dan dua betis, dan jari-jari dua kaki. Seluruh tulang dalam badan manusia dijadikan Allah dalam jumlah  248 tulang, diluar tulang-tulang kecil yang menempel di sela-sela persendian. Maasyaa Allah.

Itulah sebagian kecil, sedikit dari keisti­mewaan Al-Ghazali. Lantaran sikap, perjuangan hidup, karya dan khazanah pengetahuannya yang begitu luas, maka umat Islam memberi gelar Hujjatul Islam, Sang Pembela Akidah dan Moral Islam.

Dari ratusan karya tulisnya, Al-Ghazali menyatakan dalam pengantar sebuah bukunya, “Allah memberiku ilham untuk dapat mengarang kitab dengan susunan yang indah. Belum pernah kutemui dalam karangan-karanganku sebelum­nya. Kitab baru itu adalah kitab Minhajul ‘Abidin yang kusajikan kini.”

Dalam kesimpulan Minhajul ‘Abidin, Al-Ghazali mengajarkan empat keharusan manusia.

1.     Harus mempunyai ilmu yang bermanfaat

2.     Harus mempunyai amal

3.     Harus mempunyai ikhlas

4.     Harus mempunyai khouf atau rasa takut

Surga menurut Al-Ghazali, mengutip hadis Rasulullah Saw, dikepung dengan berbagai kesusahan. Sebaliknya neraka dike­lilingi dengan segala macam kemudahan dan pesona dunia. Oleh karena itu manusia yang ingin selamat dari godaan dunia dan berhasil meraih kemuliaan akhirat, harus memiliki ilmu yang dapat mengetahui semua penghalang surga dan pembujuk neraka. Ilmu yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Ilmu yang dapat membimbing manusia menuju ketaatan kepada Gusti Allah dan Kanjeng Nabi. Sebab kalau tidak, maka kita ibarat orang buta yang berjalan tertatih-tatih di tengah keramaian dan hiruk pikuk jalan raya.

(DARI MUTIARA KEHIDUPAN UNTUK ANAK, Foto ilustrasi, diambil dari Google images. Berikutnya insya Allah : WASPADAI 4 MACAM ORANG)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s