LEZATNYA CINTA

Setiap yang indah itu patut dicintai. Akan tetapi keindahan yang mutlak hanyalah satu, yaitu Yang Maha Esa. Maka bahagialah orang yang telah sempurna kecintaannya, kerinduannya, mahabahnya kepada Gusti Allah. Kesempurnaan cinta itu timbul karena ia memahami dan menghayati persesuaian batin antara dirinya dengan Gusti Allah Yang Maha Esa.

Kalam hikmah ini berasal dari Al-Mahabbah, yaitu salah satu dari kitab-kitab Al Ghazali yang dihimpun dalam kitab Ihya  ‘Ulumiddin. Tentang hikmah ini, almarhum KH.R.Abdullah bin Nuh, seorang ulama besar sekaligus tokoh pergerakan nasional dan pendiri Yayasan Islamic Center Al Ghazaly Bogor, menyatakan, orang yang paling bahagia adalah yang paling kuat mahabahnya kepada Allah. Semakin kuat semakin besar kenikmatan serta  kelezatan cintanya.

Lezat datang setelah ada mahabah. Mahabah timbul dari ma’rifat. Sedangkan ma’rifat timbul setelah hati bersih dan dari renungan fikir yang murni. Ingat serta terus-menerus memikirkan Gusti Allah. Memikirkan sifat-sifatNya, kerajaanNya, seluruh makhluknya.

Orang yang kuat memulai dengan ma’rifat kepada Allah swt. Kemudian dari ma’rifat ini  ia mengenal hal-hal lain tentangNya, yakni perbuatanNya dan makhlukNya. Atau ada pula yang sebaliknya, dari mengenal perbuatanNya dan makhlukNya, orang tersebut sampai kepada ma’rifat.

Apa yang bisa mendorong seorang hamba bisa meneguk kelezatan telaga ma’rifat? Bukan lantaran dorongan ingin memperoleh surga atau pun takut neraka sehingga menjadi taat kepadaNya, melainkan karena cinta dan kerinduan kepadaNya.

Masya Allah. (Foto, KH.R.Abdullah bin Nuh dari Google Images)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s