TUHAN DIMATA ORANG JAWA

Inilah perjalanan hidup saya sebagai anak priyayi abangan dalam mengenal Tuhan. Entah mana yang saya kenal lebih dulu, Gusti Allah atau Sang Hyang Tunggal atau Sang Hyang Wenang. Mungkin juga bersamaan. Saya masih ingat, mulai disuruh berlatih puasa di bulan Ramadhan oleh kedua orangtua saya semenjak belum masuk Sekolah Dasar. Padahal saya mulai sekolah di usia enam tahun. Jadi saya berlatih puasa bedug pada usia sekitar lima tahun. Disebut puasa bedug karena pada saat bedug zuhur sudah boleh berbuka. Sebetulnya aneh juga istilah tersebut, karena  bunyi bedug sebagai tanda masuk waktu salat fardhu tidak terdengar di rumah saya. Yang terdengar hanyalah bunyi sirine pabrik gula pukul 12.00 sebagai tanda istirahat siang para karyawan. Bunyi sirine itulah yang oleh kedua orangtua saya dianggap sebagai pengganti bunyi bedug dari masjid.

Semenjak puasa, kata Gusti Allah, dimasukkan dalam ingatan saya. Mulai saat itu, sebelum menyantap hidangan makan saya harus mengubah ungkapan terima kasih, dari sebelumnya hanya sembah nuwun atau terima kasih, menjadi sembah nuwun Gusti Allah, sembah nuwun bapak dan ibu. Selanjutnya kata Gusti Allah menjadi semakin sering saya dengar terutama jika orang tua saya terkejut, kagum, sedang susah atau sakit.

Tetapi sementara itu pula saya juga mulai mendengar cerita wayang. Dalam cerita wayang, tokoh yang jarang sekali muncul tapi paling sakti adalah Sang Hyang Tunggal (Yang Maha Esa) atau Sang Hyang Wenang (Yang Maha Kuasa). Sang Hyang Wenang sangat ditakuti dan dihormati oleh siapa saja, bahkan oleh para Dewa sekalipun. Dengan demikian di benak saya sebagai anak kecil, mulai terekam adanya dua tokoh super gaib dan super hebat yaitu Gusti Allah dan Sang Hyang Tunggal atau Sang Hyang Wenang. Di kemudian hari saya tahu ternyata keduanya adalah sama, sebab Sang Hyang Tunggal adalah tokoh tambahan dalam cerita wayang versi dakwah para Wali penyebar agama Islam di pulau Jawa, sebagaimana halnya kisah tentang pusaka yang paling hebat yaitu Jamus Kalimasada atau Dua Kalimat Syahadat.

Hari demi hari saya tumbuh dan hidup sebagai anggota masyarakat Jawa yang agamis dan percaya kepada yang gaib. Secara filosofis mengakui adanya kepercayaan kepada Gusti Allah, Sang Hyang Tunggal, Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Satu bagi seluruh manusia, bahkan seluruh alam semesta. Karena Tuhan itu hanya satu, maka Tuhan dari para pemeluk berbagai agama, hakikatnya adalah Tuhan yang sama. Persoalannya kemudian pada bagaimana jalan serta cara menuju Tuhan yang sama tadi. Memang bisa jadi karena jalan dan cara yang salah, maka yang ditemui bukan Sang Hyang Tunggal atau Sang Hyang Wenang, Sang Maha Kuasa, tapi Sang Betari Durga, Dewi Kejahatan dan atau para Jin Peri Perayangan. Tetapi bagaimana pun itu tetap terserah masing-masing, “bagimu agamamu, bagiku agamaku”. Demikian faham Jawa menghormati pemeluk agama lain seraya teguh memegang kepercayaan dan agamanya sendiri. Oleh karena itu juga tidak mengherankan jika dalam satu keluarga Jawa, termasuk keluarga ibu dan bapak saya, dijumpai beberapa pemeluk agama yang berbeda.

 (Gambar : Gunungan wayang kulit dari Google images)

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “TUHAN DIMATA ORANG JAWA

  1. widiagroup

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatagroup.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s