5 FAKTOR PENDUKUNG RUMAH TANGGA JAWA

Di samping kunci sukses, kehidupan rumah­tangga juga membutuhkan faktor-faktor pen­dukung. Orang-orang tua Jawa menyata­kan seorang lelaki tidak akan sempurna hidupnya, jika tidak mampu membina keluarga dan rumah­tangga yang mengandung lima unsur.

Pertama, wanita. Seseorang tidak akan lengkap hidupnya tanpa memiliki pasangan hidup. Begitu pun seorang lelaki tidak akan sempurna kelelakiannya, kejantanannya, jika tidak dibuktikan dengan adanya wanita pasangan hidupnya.

Kedua, wisma atau rumah. Ini penting karena segala sesuatu dimulai dan ditata dari rumah. Isyarat kehidupan bermasyarakat bagi orang Jawa adalah dimulai dengan kata tata. Ditata, dikelola, tata tentrem kerta raharja. Segala sesuatu harus ditata, diatur baik supaya tercapai ketenteraman. Sesudah itu barulah akan terwujud kemakmuran, kesejahteraan sekaligus kebahagiaan. Rumah adalah pangkalan dan markas untuk menata kehidupan rumahtangga, tanpa itu maka keluarga sepasang suami isteri belum bisa disebut berumahtangga.

Ketiga, turangga yang berarti kuda, dalam kaitan ini memiliki makna prasarana dan sarana kehidupan berumahtangga. Dalam arti kebendaan, dapat berupa pekerjaan atau usaha serta harta benda termasuk kendaraan. Dalam arti spiritual, berupa akal budi dan bekal batin dalam memikul tanggungjawab sebagai kepala keluarga.

Keempat, curiga atau keris, dikiaskan sebagai kemampuan pertahanan dan ketahanan keluarga. Seorang pria kepala keluarga harus memiliki wawasan luas guna mempertahankan keutuhan, keharmonisan serta kebahagiaan keluarganya. Segala aspek kehidupan harus dipahaminya, bukan hanya wisma dan turangga saja, tapi juga etika dan hukum-hukum pergaulan.

Selanjutnya yang kelima adalah kukila atau burung, dimaksudkan sebagai penghiburan, sebagai kesenangan sekaligus relaksasi. Segala sesuatu kegiatan dalam kehidupan rumah tangga haruslah dilakukan dengan ikhlas dan senang hati. Begitu pula dalam menjalani kehidupan, kita harus serius tapi santai, sebab santai dan hiburan adalah bunga kehidupan, yang dapat menimbulkan cita rasa seni dan budaya yang tinggi lagi indah.

Allahumma amin.

(FOTO : BURUNG PERKUTUT dr Google Images).

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s