FALSAFAH “MIKUL DUWUR MENDEM JERO”

Saudara-saudaraku,

Menjaga kehormatan saudara kita, keluarga kita adalah juga sama dengan menjaga kehor­matan kita sendiri. Sebab aib dari saudara atau keluarga kita adalah juga aib kita sendiri. Dalam rangka menjaga aib ini, di Jawa ada ungkapan “mikul duwur mendem jero”.

Konon ungkapan tersebut muncul karena ndoro sepuh, seorang eyang atau kakek, telah menghamili pembantunya. Maka seluruh keluarga besar menggelar rapat rahasia untuk mencari jalan keluar agar aib ndoro sepuh tidak terungkap keluar, sehingga kehormatan dan nama besar ndoro sepuh dan keluarga besarnya tetap terjaga. Kesimpulan rapat, sang pembantu harus dicarikan laki-laki lain untuk menjadi suaminya agar dapat menutup aib ndoro sepuh. Sedangkan seluruh biaya pernikahan dan pera­watan sang anak, karena betapa pun merupakan darah daging keluarga besar ndoro sepuh, akan ditanggung oleh keluarga besar tersebut. Begitu­lah, kehormatan dan nama baik ndoro sepuh dipikul duwur, dijunjung tinggi, aibnya dipendem jero, dikubur, ditanam sedalam-dalamnya.

Sayang sekali, ungkapan itu, dewasa ini sering disalahgunakan untuk melindungi kejahatan publik dan penyalahgunaan wewenang serta kekuasaan dari para penguasa. Naudzubil­lahimindzalik

Demikianlah saudaraku, uraian tentang Lingkaran Spiral Kehidupan Ketiga. Semoga ini bisa memberikan pencerahan kepada kita semua, baik para pengantin baru maupun pengantin kawakan.

Duh Gusti,

bisikkanlah senandung cinta-Mu

‘tuk luruhkan kejalanganku.

Duh Gusti,

aduklah samudera jiwaku,

dan gelorakan ombak cinta-Mu.

Duh Gusti,

tiupkanlah badai cinta-Mu

‘tuk hempaskan perahu pengembaraanku

yang penuh muatan rindu dendam

dalam pelukan kasih-Mu.

 (FOTO: LUKISAN SEORANG KAKEK dr Google Images)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s