MENYIKAPI FENOMENA ALAM

DUA AYAT KAUNIAH BERUPA FENOMENA ALAM, TERJADI SEKALIGUS PADA SAAT YANG BERSAMAAN, SEKITAR MAGHRIB SENIN 4 JUNI 2012 (15 RAJAB 1433H).

Adakah ini kebetulan? Tidak ada sesuatu yang kebetulan. Semua kejadian, meski itu selembar daun yang jatuh, yang tidak diketahui dan di luar skenario Allah Swt.

Boleh percaya boleh tidak. Menurut keyakinan orang-orang Jawa tempo dulu, fenomena-fenomena alam seperti gerhana, gempa bumi, bintang berekor/berkabut dan beberapa tanda-tanda alam lainnya, adalah isyarat dari Gusti Allah kepada umatnya khususnya umat manusia. Karena sesungguhnya alam itu adalah makhluk, hamba dan sekaligus balatentara Allah, yang hanya bergerak atas perintahNYA.

Begitulah, jika terjadi gerhana bulan di bulan Rajab, maka itu memberikan isyarat agar manusia terutama di mana gerhana tersebut terlihat, wajib meningkatkan kesabaran dan memperkuat tali persaudaraan, wajib membasmi kemungkaran serta menjaga alam dalam arti lingkungan hidup yang terkait dengan aktivitas pertanian. Jika tidak dikuatirkan akan segera terjadi pertikaian bahkan perang saudara, meningkatnya kejahatan kekerasan dan paceklik.

Sedangkan gempa bumi yang juga terjadi di bulan Rajab, mengisyaratkan agar manusia di wilayah yang merasakan gempa, wajib dengan sungguh-sungguh membasmi kemungkaran dan kezoliman, demi mencegah terjadinya kejahatan kekerasan yang luar biasa, yang bisa menyebabkan rakyat mengungsi besar-besaran.

Sementara itu, bagaimana Kanjeng Nabi Muhammad dan para sahabat menyikapi fenomena-fenomena alam yang menakutkan seperti awan gelap, angin taufan, gerhana dan sebagainya? Beliau ketakutan, sedih bahkan menangis. Rasulullah teringat berbagai ayat yang mengisahkan balasan serta adzab-adzab  Allah terhadap kaum-kaum yang tidak beriman, yang melawan ayat-ayatNYA.

Hadis Bukhari dan Muslim meriwayatkan peristiwa terjadinya gerhana tatkala Ibrahim, putra Rasulullah wafat, kemudian masyarakat mengaitkan kedua peristiwa tersebut. Sesungguhnyalah matahari dan bulan, demikian Rasulullah, adalah dua di antara ayat-ayat (tanda kekuasaan dan kebesaran) Allah.  Terjadinya gerhana bukan karena kematian seseorang atau pun kelahirannya. Maka jika kalian menyaksikan  gerhana matahari atau bulan, segeralah sholat dengan rasa takut. Jika kalian mengetahui keadaan hari akherat seperti yang kulihat, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis. Jika terjadi lagi seperti ini, dirikanlah sholat, berdoa dan bersedekahlah.

Begitu pula ketika Rasulullah dengan Pasukan Perangnya berangkat menghadapi Pasukan Romawi dalam Perang Tabuk. Dalam perjalanan peperangan yang sangat termasyhur itu, beliau melewati bekas perkampungan Kaum Tsamud. Nabi Saw menutupi wajahnya yang penuh nur sambil mempercepat untanya dan memerintahkan para sahabat melakukan hal serupa, seraya bersabda: ” Kita hendaknya bersegera melewati tempat ini. Menangislah dan tanamkan rasa takut setiap melewati tempat orang-orang zolim. Semoga adzab  tersebut tidak diturunkan ke atas kalian, sebagaimana telah diturunkan ke atas mereka.”

Mengambil pelajaran dan menarik faedah dari berbagai kejadian tadi,  Syekhul Hadits Maulana Muhamad Zakariyya al-Kandhalawi rah.a dalam Kitab Ta’lim Fahdail Amal mengajarkan, walaupun Rasulullah adalah kekasih Allah beliau tetap saja takut jika menyaksikan kejadian serta melewati tempat orang-orang yang pernah diadzab oleh Allah. Beliau menyuruh sholat, berdzikir, berdoa dan bersedekah pada peristiwa alam, dan secepatnya menyingkir seraya menangis dari tempat-tempat di mana adzab pernah diturunkan. Sedangkan kita, jangankan menangis, berpikir menangis pun tidak terlintas di hati kita. Daerah yang terkena gempa bumi atau bencana alam, malah dijadikan tempat wisata, dan berekreasi melihat meruntuhan. Naudzubillah.

Beji, 4 Juni 2012.                                                                                                        

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s