KELUHAN TERHADAP USTADZ/USTADZAH DADAKAN.

KELUHAN TERHADAP USTADZ/USTADZAH DADAKAN.

Sejumlah sahabat mengeluhkan sahabat (dan juga saudaranya) yang semenjak Sya’ban lebih-lebih lagi selama Ramadhan ini, mendadak sangat aktif berdakwah dengan mengcopas/forward sms+bbm yang dimaksudkan sebagai nasihat + syiar agama. Yang paling dikeluhkan adalah antara lain, sehari bisa 3 X diterima, panjangnya ampun bukan main sehingga membosankan + menyulitkan, kadang-kadang berisi hadis palsu dan hadis-hadisan (mainan) bahkan ada satu dua yang mengharamkan/bid’ah sesuatu kebiasaan sekaligus merasa dirinya memonopoli kunci surga dengan mengkafirkan dan menganggap musrik sehingga akan masuk neraka orang-orang yang menjalankan kebiasaan yg dianggapnya bid’ah tsb.

Dalam kehidupan ini, maksud baik belum tentu bisa diterima dengan baik oleh pihak lain. Apalagi jika metode, kemasan dan cara penyampaiannya juga tidak baik. Demikian pula materi atau substansi isi dakwah ataupun nasihat dan tips, sebelum dicopas/forward, kita harus sungguh-sungguh yakin kebenarannya, jangan buru-buru langsung dicopas/forward.

Memberi makan orang yang kelaparan sangat mulia, tetapi jika cara memberikannya dengan melemparkan dan menaburkan di hadapan orang yang lapar, kemuliannya menjadi hilang berganti penghinaan.

Sementara itu target audiens, yaitu orang yang akan kita kirimi secara khusus juga harus dipahami. Saling mengingatkan itu harus, saling mencerahkan itu penting. Namun jangan sampai kita menggurui, menggarami air laut, merasa kita lebih hebat misalkan, dengan ngebom mengirim sms/bbm (ini pribadi sekali) sehari 3X tentang sesuatu hadis kepada ahlinya.

Demikian catatan saya, agar niat baik kita bisa diterima dengan baik. Jika ada yang pernah melakukannya, janganlah lantas berhenti sama sekali. Perbaiki saja materi/substansi, metode penyampaian, cara dan kemasannya. Semoga hidayah dan hikmahNYA tercurah kepada anda dan kita semua. Aamiin.

Suka · · Bagikan

6 Comments

Filed under Uncategorized

6 responses to “KELUHAN TERHADAP USTADZ/USTADZAH DADAKAN.

  1. dwi yantono

    jangan sampai agama dituar dengan rupiah

  2. dwi yantono

    jangan sampai agama ditukar dengan rupiah

  3. islamjawa

    Allahuma amin. Salam ta’zim.

  4. islamjawa

    Allahuma amin.

  5. islamjawa

    Allahuma amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s