Seri Memaknai Kehidupan (50): KENAPA MANUSIA LEBIH BUAS DARI BINATANG.

 

Manusia yang memperoleh amanah sebagai khalifah di muka bumi, ternyata memang mempunyai potensi besar untuk merusak bumi itu sendiri. Pagar makan tanaman, demikian bunyi peribahasa, dimungkinkan bila manusia tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya. Tidak bisa mengalahkan godaan setan dan pesona dunia.

Bila nafsu serakahnya membara kemudian berkobar, ia lebih buas dibanding harimau, lebih berbahaya dibanding ular yang paling berbisa. Harimau menerkam dan membunuh mangsanya hanya untuk sekadar makan penangsal perut, tidak lebih. Sedangkan manusia membunuh kijang, harimau, gajah dan lain-lain, bukan untuk makan tapi untuk memuaskan dahaga keper¬ka¬saannya dan pamer. Ia bangga dapat mema¬mer¬kan kulit harimau yang ditembaknya, memajang gading gajah dan tanduk rusa ber¬cabang-cabang hasil buruannya di padang Afrika.

Ada manusia yang bangga, dan tak pernah puas, meskipun sudah menimbun harta kekayaan yang tak habis dimakan tujuh turunan. Buat memperolehnya ia tega menghalalkan segala cara, mencampakkan akal budi dan etika, tak membedakan baik-buruk, tiada peduli kese¬lamatan orang lain bahkan masyarakat luas. Ia menjadi sangat berbahaya. Peringatan orangtua menyatakan, “Bisa kalajengking terletak di ujung ekor. Bisa kelabang berada di bagian kepala. Sedangkan ular, tidak semuanya berbisa. Tetapi waspada terhadap yang satu ini: manusia jahat, memiliki bisa di sekujur tubuhnya, di matanya, di lidahnya, ada di semuanya.” Naudzubillahi¬mindzalik.
 
Manusia yang seperti itu tidak mematuhi perjanjian peniupannya selaku pengemban amanah atas bumi, serta menebarkan kasih sayang untuk alam semesta. Manusia seperti ini tidak mampu memberi makna positif, sehingga gagal mengemban tugas dalam Lingkaran Kehidupan Yang Kelima.

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Seri Memaknai Kehidupan (50): KENAPA MANUSIA LEBIH BUAS DARI BINATANG.

  1. Mr KaeL

    Serem euyy

  2. islamjawa

    Naudzubillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s