Seri Memaknai Kehidupan (58): MANFAAT SEDEKAH, SENYUM, ZIKIR DAN BAIK SANGKA

 

Anak-anakku,

Rahasia sukses Kiran Bedi, nasihat tua Cina, terapi penyembuhan dengan kata-kata maupun Senyum Pencerahan Tao, adalah apa yang di dalam ajaran Islam disebut husnudzon, zikir dan sedekah senyum. Husnudzon atau berbaik sangka dalam ilmu psikologi disebut berpikir positif. Jika ketiga hal itu sering kita lakukan sebagai kebiasaan baik, maka akan merupakan masukan yang positif kepada Pikiran Bawah Sadar, dan selanjutnya dapat disinergikan dengan tubuh dan Pikiran Sadarnya, menjadi energi kehidupan yang besar dan efektif luar biasa.

Dengan metode itu, Pikiran Bawah Sadar akan membuat seseorang seperti apa yang dipikirkan, diharapkan dan diyakininya. Surat Al-Baqarah ayat 186 me­nyatakan, “Apabila hamba-hambaku bertanya tentang diri-Ku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”  Dalam sebuah hadis qudsi yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad, Allah berfirman pula, “Aku menuruti keyakinan hamba-Ku terhadap diri-Ku, dan Aku selalu bersamanya  jika ia mengingat-Ku.”

Keyakinan akan pertolongan Gusti Allah itulah yang menyelamatkan Kanjeng Nabi Ibrahim tatkala dibakar oleh Raja Namrud, menyelamatkan Kanjeng Nabi Musa dari kejaran tentara Firaun dengan menyeberangi laut, dan juga menguatkan Baginda Rasul dalam Perang Badar Kecil. Ketiga Nabi junjungan kita itu sama-sama berserah diri memohon pertolongan dengan memanjatkan, hasbunallaah wa ni’mal wakiil, cukuplah Gusti Allah yang menjadi penolong kami.

Jiwa yang memiliki energi kehidupan yang luar biasa yang dilandasi oleh kekuatan iman inilah, yang harus kita bangun dan kembangkan di dalam apa yang saya sebut Lingkaran Spiral Kehidupan Yang Pertama.

Di dalam Lingkaran Pertama ini tahap demi tahap kita harus mengembangkan cita-cita dan harapan kegiatan kehidupan, serta memvisual­kan, kemudian berusaha, dan berusaha me­wujudkannya.

 

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s