Seri Memaknai Kehidupan (61): SALING MENGINGATKAN AMALAN CALON PENGHUNI SURGA

 

Bagaimana kita dapat selalu bertauhid, menjadikan kegiatan bekerja dan bermasyarakat sebagai ibadah? Untuk itu kita wajib memiliki empat hal yaitu: [1] ilmu yang bermanfaat, [2] yang dapat diamalkan, [3] secara ikhlas dan [4] disertai dengan perasaan takut sehingga penuh harap yang terus-menerus kepada Tuhan Yang Memiliki Kerajaan Langit dan Bumi, Maha Raja di Raja.

Sehubungan dengan itu jangan pernah merasa, apalagi menepuk dada bahwa kita sudah menjadi orang saleh. Karena sudah pandai berdoa merasa menjadi kyai yang sudah pasti disayang Allah. Jangan mentang-mentang hafal Qur’an merasa sudah mengantongi tiket ke surga, merasa sudah bisa menyatu dengan ke­hendak-Nya dan pasti husnul khatimah.

Kalau ada mantan penjudi, mantan pemabuk, mantan “play boy” dan aneka mantan pendosa insyaf berubah menjadi saleh, sungguh membahagiakan dan patut disyukuri. Sebaliknya, jangan sampai terjadi ada mantan kyai atau penghafal Qur’an dan aneka gelar alim ulama, karena pada langkah terakhir di Stasiun Pengembaraan Ketiga, tergelincir remuk redam di lembah para pendosa. Naudzubillahmindzalik.

Maka marilah kita saling mengingatkan adanya bahaya berupa godaan iblis yang senantiasa mengancam setiap saat. Godaan yang bisa mengubah amalan penghuni surga menjadi amalan penghuni neraka, di kala perjalanan tinggal sehasta sebagaimana dikuatirkan Ra­sulullah Saw. Oleh sebab itu pula kita harus selalu memi­liki perasaan takut disertai upaya dan penuh harap akan ampunan serta kasih sayang Allah Swt yang terus menerus. Mengharap ihdinash­shiraathal mustaqiim, senantiasa memperoleh hidayah untuk mengikuti jalan yang lurus.

Itulah saudaraku, kunci keberkahan Lingkaran Kehidupan IV.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s