Memaknai Kalimat Basmallah

Bismillaahir rahmaanir rahiim.
Hari ini kita mengawali aktivitas kehidupan kita dengan mengucapkan sekaligus memasang niat, bismillaahir rahmaanir rahiim atau dengan asma Allah Yang Maha Pengasih (atau Pemurah) lagi Maha Penyayang. Bacaan basmallah tersebut bukan hanya kita baca setiap pagi saja, tapi juga kita baca setiap akan memulai sesuatu kegiatan.
Dengan berani kita telah sering membawa asma Allah dalam setiap kegiatan kita. Tahukah, sadarkah kita akan konsekuensinya? Kebanyakan dari kita hanya yakin, dengan membaca basmallah, maka kegiatan kita akan memperoleh ridho dan perkenan dari yang kita sebut asmaNya tadi, yaitu Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kemurahan, karena kasih dan sayangNya, maka kegiatan kita akan terlaksana sesuai kehendak kita. Itu betul. Namun ada sisi konsekuensi yang lain yang sering kita lupakan.
Lantaran kita sudah membawa-bawa asmaNya, bak seorang Menteri, Direktur Jenderal atau Gubernur yang telah mengatasnamakan Presiden untuk menjadi dasar kekuatan tindakannya, maka kita memperoleh sugesti diri yang besar. Tetapi sugesti besar ini baru akan menghasilkan sesuatu yang positif, apabila kita memperoleh ridho atau perkenanNya. Dan ridho akan turun jika kita juga betul-betul mamahami dan menghayati makna Pengasih (Pemurah) dan Penyayang serta sungguh-sungguh taat kepadaNya, melaksanakan perintahNya, menjauhi larangan-laranganNya. Jangan sampai terjadi, sesudah membaca basmallah perilaku dan perbuatan kita justru bertentangan. Zalim dengan menyerobat atau mengambil hak-hak orang lain, baik yang hanya nampak sepele berupa menyerobot hak pengendara lain di jalanan, maupun hak-hak rakyat banyak dengan melakukan korupsi, serakah, menipu, memfitnah serta perbuatan-perbuatan lain yang tidak sesuai atau bertentangan dengan makna pengasih dan penyayang, apalagi melanggar larangan-laranganNya.
Semoga kita memperoleh ilham untuk bisa senantiasa menghayati dan mengamalkan makna kebesaran asma-asmaNya. Aamiin.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s