Jauhi Akar Semua Dosa

Orang Banten yang mukim di Mekah dan kesohor, Imam Nawawi Al-Banteniy, menulis dalam buku Nashoihul ‘Ibad (Nasihat Penghuni Dunia, Penerbit Menara Kudus), Kanjeng Nabi Muhammad bersabda, Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Musa di dalam kitab Taurat: “Sesungguhnya induk segala kesalahan ada tiga yaitu sombong, dengki atau hasud dan rakus. Dari tiga itu lahir enam sikap jelek, maka jumlah semuanya menjadi sembilan. Yang enam itu adalah : gemar kenyang, tidur, gemar santai, cinta harta, cinta pujian dan cinta kekuasaan”.

Menurut Al-Ghazali, juga dalam kitab Menuju Mukmin Sejati (Minhajul ‘Abidin), tiap-tiap kecelakaan dan penyesalan, kehinaan, dosa serta penyakit yang tiba-tiba datang kepada manusia, semuanya datang dari nafsu. Ada tiga pangkal nafsu yaitu sombong, serakah dan iri-dengki. Supaya lebih populer dan mudah dicerna, saya menyebut ketiga hal itu sebagai akar dari semua dosa.

Akar yang pertama yaitu nafsu sombong yang dilakukan iblis. Karena kesom-bongannya untuk tidak mau bersujud kepada Adam, maka Allah melaknatnya, dan jatuhlah iblis ke dalam jurang kesesatan.

Akar yang kedua yaitu nafsu rakus, nafsu serakah seperti yang dilakukan oleh Adam di surga. Gara-gara inilah maka Adam dan Hawa yang sudah memperoleh kebebasan dari Allah untuk melakukan apa saja kecuali satu hal, mema¬¬kan buah terlarang, terpaksa diusir dari Surga. Karena serakah, Adam dan Hawa bisa ditipu oleh iblis, dan dimakanlah buah terlarang itu.

Akar yang ketiga yaitu nafsu iri-dengki dari Kabil putera Adam. Karena iri-dengki terhadap keberuntungan saudara kandungnya, Habil, maka Kabil membunuh Habil. Inilah pembu¬nuhan anak manusia yang pertama kali.

Karena itu wahai Sahabatku dan anak-anakku, agar tidak terkutuk dan jatuh ke jurang kese¬satan seperti iblis, maka janganlah sombong. Sombong, kata Kanjeng Nabi menurut riwayat Muslim adalah bagaikan mengambil selendang kebesaran Tuhan. Dan sebutir biji zarah kesom¬bongan akan membuat kita celaka dan tidak bisa masuk surga. Sikap sombong itu menurut beliau samadengan menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.

Barangsiapa merasa dirinya agung dan melihat orang lain rendah, maka menurut Imam Nawawi, terbilang orang yang sombong. Oleh sebab itu Sahabatku, bila ada orang yang meng¬anggap kita sombong, segeralah istighfar dan mawas diri. Juga kalau ada orang yang memberi¬kan saran dan nasehat kepada kita, kendalikan diri kita agar selalu rendah hati tanpa harus merendahkan diri. Dan jika terpaksa harus menolak saran tersebut, lakukanlah secara santun disertai pancaran kasih sayang dan ungkapan terima kasih yang tulus. Jangan sekali-kali marah. Jangan tersinggung

Demikian pula janganlah kita rakus dan serakah, karena itu akan membuat kita terusir dari keberkahan. Ibarat orang sakit yang tidak lagi bisa merasakan nikmatnya makanan, orang yang dilanda cinta harta, kata ulama sufi Malik Bin Dinar, juga tidak lagi merasakan manfaat apalagi nikmatnya nasehat.

Masih terkait dengan rakus dan serakah, Imam Nawawi menasehati agar kita juga tidak tergoda dengan cinta pangkat dan kekuasaan, karena hal itu lebih berbahaya dibanding cinta terhadap harta benda. “Pangkal kecintaan terhadap pangkat dan kekuasaan adalah kegemaran pada keagungan, padahal keagungan itu salah satu sifat Allah. Sedangkan pangkal cinta harta benda adalah kegemaran hidup penuh nikmat yang merupakan sifat binatang”.

Juga janganlah kita iri-dengki, karena itu akan membuat kita menjadi terpidana, terpenjara oleh nafsu iri-dengki kita sendiri.

Selanjutnya hindarilah enam pohon sikap jelek yang tumbuh dari tiga akar dosa, seperti yang telah disinggung di bagian depan yakni gemar kenyang, gemar tidur, gemar santai, cinta harta, cinta pujian dan cinta kekuasaan. Insya Allah kita akan selamat di dunia maupun di akhirat.

Aamiin.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s