Black Campaign Itu Mengobarkan Kebencian

Sahabatku, beberapa bulan terakhir ini kita berada dalam suasana kampanye Pemilihan Anggota Legislatif yang dilanjutkan dengan kampanye Pemilihan Presiden. Kampanye kali ini menjadi luar biasa karena suasana kebebasan mengemukakan pendapat juga dilakukan dengan menggunakan jaringan media massa terutama media sosial.

Sungguh kita telah diserbu dengan gelombang penggalangan alam pikiran yang sudah bagaikan gerobak sampah, penuh dengan aneka produk yang dikemas sebagai pencitraan, padahal isinya campur aduk antara informasi yang benar, fitnah, gibah bahkan black campaign, kampanye hitam yang tiada lain adalah teror kebencian, yang menempatkan saudara sebangsa setanah air, bahkan seiman, sebagai musuh besar yang harus dibasmi, dibunuh karakternya. Naudzubillah.

Sahabatku, marilah kita saling mengingatkan tentang firman Gusti Allah Swt, “ dan jangan sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adil itu lebih dekat kepada takwa.” (Qs. Al Maidah: 08).
Tentang itu Al Qurthubi menerangkan,”Janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum menjadikan kamu meninggalkan keadilan dan mengedepankan permusuhan dibanding kebenaran. Ini adalah dalil untuk menerapkan hukum permusuhan yang sebenarnya dan juga dalil untuk menerapkan hukum musuh terhadap permusuhannya kepada Allah, serta menerapkan kesaksiannya terhadap mereka karena Allah swt memerintahkan berbuat adil walaupun dia membencinya.” (Al Jami’i li Ahkamil Qur’an juz VI hal 477)

Allah swt meminta kepada setiap hamba-Nya untuk senantiasa mencintai dan membenci seseorang karena-Nya bukan semata-mata karena diri atau latar belakang orang tersebut. Hendaklah seseorang mencintai orang lain karena keislaman atau ketaatannya kepada Allah swt dan membenci orang tersebut karena kemaksiatan atau kekufurannya kepada Allah swt.

Oleh sebab itu wahai Sahabatku, jika anda mendambakan persatuan, kedamaian dan merebaknya kasih sayang di antara sesama kita, marilah kita langsung tinggalkan atau buang saja, dan jangan disebarluaskan, jangan dicopy paste ataupun diforward, materi-materi kampanye yang berbau gibah, fitnah dan kebencian. Dan apabila anda juga sepaham dengan tulisan ini, marilah kita sebarluaskan sebagai ibadah dalam upaya mencegah kemungkaran. Salam takzim.

 

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Black Campaign Itu Mengobarkan Kebencian

  1. islamjawa

    Alhamdulillah, monggo Paklek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s