PILIH DUNIA ATAU AKHIRAT?

“Jika dunia telah menempati batinmu, maka akhirat akan pergi darimu,” demikian ulama sufi Ad Darani, yang wafat 830M. Ungkapan ini sepintas seperti sangat keras dan tidak memberikan pilihan lain kepada kita. Sampai-sampai para mursyid menambahkan, bila hati kita sedang didominasi oleh masalah duniawi seperti harta benda, tahta dan kekuasan serta wanita (bagi pria dan pria bagi wanita), maka hati kita akan buta sehingga tidak akan bisa melihat serta memahami ayat-ayat Tuhan.

Maknanya, bila hati dan jiwa kita lebih condong kepada pesona dunia, maka nasihat dan moral keagamaan tidak banyak manfaatnya. Orang yang seperti itu tidak akan taat kepada Allah Swt dan Rasulullah Saw, karena mereka lebih taat kepada berhala baru yaitu pesona dunia. Baginya baik buruk, haq dan batil, kemungkaran dan kema’rufan minimal sudah campur aduk tidak bisa membedakannya lagi. Mereka lebih takut kehilangan sedikit kenikmatan atau pesona dunia termasuk sedikit harta bendanya, dibanding nilai-nilai moral keagamaan apalagi sekedar persahabatan. Oleh sebab itu kemuliaan akhirat segera saja meninggalkannya.

Demi menjaga agar kemuliaan akhirat tetap di hati kita, Al Ghazali menasihati, kendalikan atau bahkan matikan nafsu pesona dunia kita dan hidupkan atau utamakan kemuliaan rohani kita.
Mengutamakan pesona dunia akan mengakibatkan kita ditinggalkan kemuliaan akhirat, sebaliknya dengan mengutamakan kemuliaan akhirat, pesona dunia akan tunduk kepada kita secara terkendali. Namun, ini nasihat Al Ghazali lebih lanjut dalam kitab tasawuf Minhajul ‘Abidin, menikmati pesona dunia secara berlebihan itu menjadi “haram” hukumnya. (Ikuti juga tulisan kami yang terkait: DEWA RUCI, JAGAD BESAR – JAGAD KECIL  di blog Tasawuf Djawa ini).

Subhanalaah.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s